Dari Hobi Jadi Bisnis, Ini Dia 5 Bidang Usaha Potensial Pengusaha Muda!

Dari Hobi Jadi Bisnis, Ini Dia 5 Bidang Usaha Potensial Pengusaha Muda!

Buku ini mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat dan langsung terjual banyak saat pertama kali diluncurkan. Dari waktu awal buka ada anak kecil ada, orang tua ada dan ternyata banyak yang suka. Untuk modal dasarnya ia mengaku berbekal ilmu dari sekolahnya mengenai Slot online via deposit pulsa minuman – minuman tersebut. Hingga akhirnya Ia memberanikan diri untuk membuka usaha minuman kekinian ini. Awalnya dulu memang sudah kepikiran kepengen usaha minuman kekinian. Pada awalnya Ia memilih untuk merintis usaha minuman Kalikong ini niatnya sangat simpel saja.

Latihan seperti ini sudah bisa dilakukan sejak anak berusia dua tahun. “Jangan anggap anak tidak mengerti apa-apa dengan mengatakan, ‘Ah, masih anak kecil,’” ujarnya. Sementara itu, menurut Zainun Mu’tadin, M.Psi, Dosen Psikologi UPI YAI, orangtua harus menanyakan anaknya hal-hal yang memancing kreativitas. Anak akan dilatih untuk memiliki beberapa alternatif jawaban dan solusi. Dengan alternatif tersebut, anak mampu mengambil keputusan yang tepat dari berbagai pilihan yang ada.Tentu saja jiwa wirausaha pada diri anak tidak serta-merta ada, tapi memerlukan latihan bertahap. Bisa dimulai dari hal-hal kecil dalam aktivitas keseharian anak.

Berdasarkan uraian di atas, maka sudah sewajarnya para lulusan sekolah kejuruan diajak untuk memahami secara realistis keadaan sekarang ini dalam hubungannya dengan masalah kesempatan kerja. Juga perlu disadari bahwa tanggung jawab mereka tergantung sepenuhnya pada diri mereka. Pemikiran yang selalu menggantungkan sepenuhnya harapan kepada pemerintah dan pihak lainnya untuk menyediakan lapangan kerja perlu disingkirkan. Salah satu alternatif yang menarik untuk memecahkan masalah ketenagakerjaan ini adalah menumbuhkan sikap mandiri, mengembangkan pengetahuan, menumbuhkan motivasi dan menanamkan minat berwirausaha terhadap anak. Menjual aksesori ponsel bisa dilakukan dengan membuka toko offline dan online. Tempat yang dibutuhkan tidak terlalu besar dan bisa ditempatkan etalase untuk memajang produk yang dijual.

Menjadi pengusaha sambil sekolah

Akhirnya, ia merekrut dua orang remaja putus sekolah di sekitar tempat tinggalnya untuk membantu di bidang admin, pengemasan, pengiriman, dan belanja bahan. Dengan bantuan karyawan, bisnis Ayu dapat berjalan lebih dari dua tahun. Menurutnya, selain memiliki semangat menjadi pengusaha, perintis usaha juga harus memperhatikan perizinan produk, seperti PIRT, Halal MUI, BPOM, Ijin edar dan sebagainya. “Tetapi buat pengusaha baru PIRT sudah cukup tetapi sambil berjalan sambil upgrade ijin enaknya” jelasnya.

Sedangkan berwirausaha merupakan salah satu objek pekerjaan di samping pekerjaan lain, yakni pegawai negeri atau pegawai swasta. Dengan demikian motivasi berwirausaha diartikan sebagai tenaga dorongan yang menyebabkan siswa melakukan suatu kegiatan berwirausaha. Dengan demikian adanya perasaan senang yang menyertai timbulnya motivasi berwirausaha. Rangsangan-rangsangan dari objek wirausaha akan menumbuhkan motivasi dan motivasi yang telah tumbuh akan merupakan dorongan dan motor untuk mencapai tujuan pemenuhan kebutuhan. Suatu perbuatan dimulai dengan adanya ketidakseimbangan dalam diri seseorang.

Sejak lulus dari bangku SD dan hanya satu tauhun mengenyam bangku pendidikan di tingkat SMP , Ridwan berusaha mencari pekerjaan. Mungkin, tidak banyak yang tau terjalnya perjalanan yang dia tempuh untuk berada pada kondisi saat ini. Orang melihat suksesnya hari ini, namun tak tau getirnya perjuangan di masa lalu. Bandung – persis.or.id, Tak mudah untuk membangun sebuah bisnis dan berbarengan dengan itu mendapatkan keberkahan. Kamu juga sering mengajak mahasiswa/i untuk ikut dalam proyek pembangunan tentunya dengan tujuan pembelajaran. Kamu merasa bahwa menjadi dosen tidak bisa menyalurkan hobi mu untuk berbisnis.

Comments are closed.