Digebuk Pandemi Corona, Sektor Pariwisata Bali Merugi Rp10 Triliun Per Bulan

Setelah beraktivitas di luar penginapan, cobalah untuk memerhatikan banyak hal agar virus tidak masuk ke dalam. Data perjalanan yang perlu diisi mulai dari tujuan kunjungan, alamat di Bali, tanggal kedatangan hingga tanggal keberangkatan. Wisatawan juga wajib melakukan karantina di tempat yang telah disediakan Pemerintah Provinsi Bali selama menunggu hasil uji tersebut keluar.

Bahkan, mereka ini terpaksa menjual perahu yang sebelumnya digunakan untuk mengantar wisatawan. Pariwisata Bali memang sudah menerima wisatawan lokal dan domestik, namun tetap wajib mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Sementara, untuk kunjungan wisatawan domestik ke Bali di Bulan Januari 2021 melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai ada sekitar 1.900 per hari. Yang kuat membantu yang lemah, perusahaan besar membantu perusahaan yang kecil. Apa kebutuhan saling membantu, pekerjaan, hasil produk, itu yang namanya solidarity on survival,” paparnya.

Karena pandemi tidak ada yang berlibur ke Bali

Pelopor pelaku wisata muda dengan menggunakan campervan asal Kota Tasikmalaya Ervan Kurniawan mengungkapkan, seiring masa pandemi yang berlangsung hampir dua tahun yang meluluhlantakkan seluruh sektor kehidupan. Berangkat dari keterpurukan tersebut, dirinya menggagas sebuah konsep wisata campervan dengan menyesuaikan kondisi di saat pandemi. Kepala Biro Humas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Agustini Rahayu mengatakan telah mengampanyekan higienitas, kebersihan rest room, keselamatan, dan keamanan di objek pariwisata.

Belakangan Camper Van menjadi pattern, Karangasem sangat potensial karena banyak memiliki view menarik. Terkait dengan situasi prihatin yang saat ini dihadapi oleh pelaku pariwisata, Guru Besar ISI Denpasar ini menyampaikan bahwa Pemprov Bali telah menempuh berbagai upaya untuk pemulihan sektor pariwisata. Sejatinya, imbuh Cok Ace, pembukaan Bali untuk wisatawan mancanegara sudah sempat diwacanakan pada tahun 2020 lalu.

Memang, tempat wisata di Bali ini menyuguhkan aneka satwa untuk sarana edukasi Si Kecil, tapi keseruan tak terhingga tetap bisa Anda dapatkan di sini. Segala sudut Pulau Bali bisa dikatakan destinasi wisata karena keindahan dan keramahan warganya. Dalam satu hari, Anda bisa mencicipi kuliner khas, berkunjung ke desa wisata dan museum, menonton pertunjukan tari kecak, belanja di pasar seni, hingga menghabiskan sore di pantai untuk melihat sundown. Pemprov Bali juga mengizinkan lodge, restoran, dan tempat wisata menggelar kegiatan pesta malam tahun baru. Namun, mesti menerapkan protokol kesehatan yaitu jumlah pengunjung 50 persen dari kapasitas yang tersedia. Sebelumnya, beberapa pemerintah daerah melarang kegiatan pesta di malam pergantian Tahun Baru 2021.

Namun jika anda naik bus, penumpang harus berhenti area central parkir Kuta dan anda harus naik suttle menuju lokasi pantai Kuta Bali. Bagi peselancar pemula, tidak perlu khawatir untuk membawa papan selancar jika ingin berselancar di Kuta. Disepanjang garis pantai banyak disewakan papan surfing KONG4D dengan harga yang bervariasi, tergantung besar dan kualitas bahannya. “Harus ada Lab PCR di sekitar Kawasan Wisata Ubud agar efisien, kalau bisa diatas 500 spesimen per hari. Oleh karenanya butuh infrastruktur yang prima untuk memastikan seluruh daerah itu aman dan bersih,” terangnya.

Kami harapkan dimulainya Work From Bali di Sanur dapat meningkatkan kepercayaan diri wisatawan untuk berkunjung ke Bali dan melakukan aktivitas wisata dalam koridor perjalanan yang aman dan tersertifikasi di kawasan Sanur,” imbuh Gusde Sidharta. Denpasar sebagai ibu kota Provinsi Bali juga turut bergantung kepada sektor pariwisata, sehingga dengan program spesifik Work From Sanur diharapkan dapat mendukung geliat ekonomi di Kota Denpasar. Namun melihat pola masyarakat yang masih bandel dan abai dengan protokol kesehatan, Bali sempat mengalami lonjakan kasus dan membuat beberapa sektor wisata kembali sepi pengunjung. di tengah pandemi COVID-19 menjadi tren baru berlibur sekaligus saran hiburan.

Untuk mengunjungi obyek wisata keluarga di Bali, tentunya pembaca akan memerlukan sarana trasportasi. Sarana transportasi terbaik untuk liburan keluarga di Bali adalah, menggunakan jasa sewa mobil Bali dengan supir. Selain Waterbom Park Kuta, di daerah wisata Canggu juga terdapat water park yang sangat cocok untuk anak-anak dengan umur di bawah 8 tahun. Splash Water Park Canggu memiliki desain yang di rancang untuk anak-anak dengan umur lebih muda. Sehingga orang tua dapat lebih santai, menikmati makanan, saat anak-anak mereka bermain dengan aman.