Percepat Pemulihan Pariwisata, Pemerintah Gelar Vaksinasi Drive Via

Dari sisi lapangan usaha, penurunan permintaan pada tahun 2020 berdampak pada menurunnya kinerja di hampir seluruh LU utama. Sejumlah LU yang terkait dengan pariwisata seperti transportasi, penyediaan akomodasi dan makan minum, perdagangan, serta jasa lainnya mengalami dampak terbesar Slot Online Terbaik seiring terbatasnya mobilitas masyarakat. Sementara itu, lemahnya permintaan menahan kinerja LU industri pengolahan. Laju perekonomian tahun 2020 antara lain ditopang oleh LU informasi dan komunikasi, LU pertanian, kehutanan dan perikanan, serta LU jasa kesehatan dan kegiatan sosial.

Bentuk nyata pengawasan yang dilakukan ORI ialah dengan membuka posko dari pengaduan bagi masyarakat terdampak bencana Covid-19. Pembentukan posko ini diharapkan mampu mengefektifkan pemberian bantuan pemerintah agar lebih tepat sasaran dan merata di seluruh Indonesia. Trisya Suherman, Ketua Umum Yayasan Global CEO Indonesia menyatakan, kegiatan donor darah ini merupakan program CEO Indonesia untuk membangkitkan perekonomian setiap daerah yang dikunjungi komunitas CEO Indonesia.

Relatif resilient-nya sektor pertanian juga dikonfirmasi oleh proyeksi dari the Economist Inteligence Unit untuk perekonomian Indonesia edisi bulan April lalu. Ketika sebagai dampak dari pandemi Covid-19, EIU merevisi pertumbuhan sektor manufaktur sebesar 3.0% menjadi -1.5% (terkoreksi -4.5%) dan sektor jasa sebesar 7.2% menjadi 2.4% (terkoreksi -4.8%), pertumbuhan sektor pertanian hanya direvisi dari four.1% menjadi 3.2% (-0.9%). Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, I Gde Wayan Samsi Gunarta mengatakan, karena pandemi ini roda perekonomian Provinsi Bali yang ditopang oleh pariwisata merasakan dampak yang sangat luar biasa. Rangkaian solusi untuk meningkatkan perekonomian Bali ini sejalan dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Bali dalam hal pemulihan dampak Covid-19, salah satunya meliputi relaksasi peningkatan kualitas SDM, bantuan teknologi, promosi UMKM. Respon cepat pemerintah terkait kelemahan akurasi data serta kordinasi sangat diharapkan dalam memperbaiki implementasi kebijakan pemberian bantuan saat ini, mengingat kondisi pandemi yang masih terus berlangsung. Namun demikian, Maulana mengatakan, terdapat kendala yang harus diselesaikan oleh pemerintah jika ingin membuka kembali pariwisata Bali.

Data BPS kata Luhut mencatat, 60% wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia berwisata ke Bali. Pariwisata Bali juga menyumbang 28,9% devisa pariwisata nasional sejumlah Rp75 triliun. Luhut mengklaim pemerintah tidak sembarang mengeluarkan kebijakan ini.

Bali ingin membangkitkan perekonomian setelah covid

Di Jawa Barat misalnya daerah Bandung Raya yang jumlah penduduknya banyak dan ketergantungan pangannya tinggi, atau di daerah Jabodetabek. Memastikan logistik atau kelancaran arus produk-produk pertanian pangan dari pedesaan ke pasar. Jakarta- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengupayakan agar wilayah Kecamatan Kuta di Kabupaten Badung, Bali, masuk dalam perluasan zona hijau Covid-19, agar Kuta kembali dikunjungi wisatawan mancanegara. Desa Wisata Bakas merupakan desa wisata rintisan yang akan dikembangkan menjadi desa wisata mandiri. Dengan mengembangkan desa wisata ramah lingkungan dan tentunya mengedepankan kearifan lokal. Demi memulihkan pariwisata di Indonesia, Kemenparekraf meluncurkan program bantuan stimulus senilai Rp60 miliar.